Pendalaman Skill Mahasiswa dalam Memilih Konsentrasi Jurusan Manajemen

Menanggapi kebingungan para mahasiswa jurusan manajemen semester empat yang akan memilih mata kuliah konsentrasi di semester lima nanti, Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen (HIMMAN) Universitas Trunojoyo Madura mengadakan seminar konsentrasi pada hari kamis, 25 April 2013 di ruang seminar RKBA UTM. Seminar dengan tema ”Pendalaman Skill Mahasiswa dalam Memilih Konsentrasi Jurusan Manajemen” ini dihadiri sekitar – peserta 130.

         Acara ini dibuka oleh pembacaan basmalah yang kemudian dilanjutkan oleh sambutan ketua pelaksana Darul Mujalli, ketua HIMMAN yakni Agus Arifin, Ketua Jurusan Manajemen ibu Dr. Hj. Iriani Ismail, Dra., M.M, serta diakhiri dengan sambutan bapak Junaidi, S.E., M.Si.,Ak selaku pembantu dekan 3.

           Kemudian acara disambung dengan penyampaian materi inti dari seminar ini. Masing-masing mata kuliah konsentrasi di sampaikan oleh pemateri-pemateri berbeda. Untuk mata kuliah konsentrasi manajemen sumbar daya alam (MSDM) akan disampaikan oleh bapak Dr. RM. Moch. Wispandono, S.E.,M.S., Mata kuliah konsentrasi keuangan oleh Drs. Ec. H. Mahmud Zulkifli, M.Si, dan mata kuliah konsentrasi manajemen pemasaran oleh bapak Suyono, S.E, M.SM. Kemudian, moderator mempersilahkan satu persatu pemateri untuk menyampaikannya kepada peserta.

   Dimulai, oleh penyampaian materi tentang mata kuliah konsentrasi MSDM. bapak wispandono menerangkan betapa pentingnya pengelolaan sumber daya manusia.

”Manajemen sumber daya manusia ini sangatlah penting. Karena penggerak suatu perusahaan adalah manusia itu sendiri”. Ujar beliau.

Beliau juga menambahkan bahwa dalam memilih konsentrasi, hendaknya melihat kemampuan dan kemauan yang dimiliki.

”Untuk memilih konsentrasi yang hendak diambil, lihatlah kemampuan dan kemauan kalian.” kata beliau kepada para peserta seminar.

    Selanjutnya giliran bapak mahmud untuk menyampaikan materinya tentang manajemen keuangan. Lulusan S2 universitas Airlangga ini, membukanya dengan sebuah perumpamaan.

”Kita ini seperti bagian-bagian dari sebuah kendaraan yang saling melengkapi”.  Begitu beliau mengumpamakan ketiga mata kuliah konsentrasi manajemen yang merupakan satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya. Kemudian beliau memberi saran kepada peserta yang sedang bingung memilih mata kuliah konsentrasi.

”Ukurlah kemampuanmu, untuk memilih mata kuliah konsentrasi yang akan diambil nanti”. Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa hendaknya mahasiswa yang akan memilih mata kuliah konsentrasi nanti disesuaikan dengan minat dan bakat masing-masing”.

”Yang perlu diperhatikan jika kalian akan mengambil konsentrasi keuangan, kalian harus mempunyai pemahaman yang kuat tentang dasar akuntansi. Terutama dalam laporan keuangan”, ujar beliau memberi tahu peserta seminar tentang salah satu syarat mahasiswa yang hendak mengambil konsentrasi ini. Lalu beliau menutup presentasinya dengan menjelaskan beberapa profesi yang berkenaan dengan konsentrasi keuangan. Diantaranya: karyawan di bursa efek, pengusaha, investor, karyawan industri, perkantoran, pegawai bank serta dosen.

      selanjutnya, materi terakhir tentang konsentrasi manajemen pemasaran disampaikan oleh bapak Suyono. Hampir sama dengan bapak mahmud, beliau mengatakan, ”Kita semua satu kesatuan, tidak ada yang lebih baik dan tidak ada yang lebih jelek”.

”tanyalah pada diri anda, dimana minat dan bakat anda”, tegas beliau mencoba mengatasi kebingungan yang sedang dihadapi peserta. Beliau juga menyampaikan bahwa kesalahan yang sering terjadi pada mahasiswa yang hendak memilih konsentrasi ada tiga. Yakni, mereka hanya ikut-ikut temen, pacar, dan terlalu dipengaruhi oleh orang tua.

Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa kesalahan memilih ini akan mengakibatkan gangguan secara psikologis, akademis, dan relasional. menutup presentasinya, beliau memberi tahu peluang-peluang dari manajemen pemasaran, seperti menjadi enterprener, direktur, kepala divisi, supervisor, karyawan, dan lain-lain.  ”Manajemen pemasaran tidak sama dengan sales”, ungkap beliau.

      setelah ketiga pemateri selesai menyampaikan materi masing-masing, dilanjutkan dengan sesi pertanyaan sebanyak tiga sesi yang terdiri dari dua pertanyaan tiap sesi. Hampir semuanya menanyakan hal yang sama. Yakni cara menghilangkan kebingungannya dalam memilih mata kuliah konsentrasi. Nurdiana misalnya, mahasiswi semerte empat jurusan manajemen ini menceritakan pengalaman kerjanya sebelum bertanya. Dia mengatakan mempunyai bakat dibidang pemasaran namun ingin menempuh konsentrasi MSDM. Sehingga dia bingung, akan memilih minat apa bakatnya. Lalu secara satu persatu memberikan saran. Secara garis besar, para pemateri menyarankan untuk berpikir lebih dalam lagi dan menelaah kembali dari kedua pilihan itu serta bermunajat kepada Allah untuk memohon petunjuk.

     Sebelum acara ditutup, ada sedikit tambahan yang disampaikan oleh ketua BAAK UTM bapak muji. Beliau mencoba untuk membuka mindset peserta seminar untuk lebih cermat memahami konsentrasi yang hendak diambil. Tambahan selanjutnya disampaikan oleh salah satu dosen manajemen, bapak Hadi Purnomo, S.E., M.M. Beliau menambahkan bahwa semua adalah pilihan, dan pilihan ini hendaknya dipilih baik-baik. Sehinggan bisa dipertanggung jawabkan nanti.

      Sebelum ditutup, ada penyerahan sertifikat secara simbolis yang diserahkan oleh panitia yang dalam hal ini diwakili oleh Agus Arifin (ketua HIMMAN) kepada para pemateri. Kemudian Seminar ditutup oleh do’a dari panitia.

”Alhamdulillah acaranya berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana temen-temen dan tanpa ada hambatan apapun.” komentar Lailatul Badriyah, salah satu panitia penyelenggara.(red INKAMS)

2 Comments on Pendalaman Skill Mahasiswa dalam Memilih Konsentrasi Jurusan Manajemen

  1. saya mahasiswi semester 3 jurusan manajemen. cerita di blog ini sama dengan saya, karna saya lagi bingung mau konsentrasi di bidang apa!?
    saya kuliah sambil kerja, dan pekerjaan saya di bidang marketing, bisa dibilang saya cakap untuk komunikasi dalam cari costumer.
    tapi saya juga tertarik dengan bidang SDM.
    Saya bingung harus pilih apa ya…?

    • Ilmu manajemen memang erat kaitannya dengan ‘relationship’ yang baik dengan konsumen. Dimana ilmu manajemen juga bagian dari nyawa perusahaan, ada baiknya berkonsultasi kepada dosen wali. Jangan sampai sekedar ikut-ikutan teman. Jadikan pertimbangan juga nilai dan potensi anda di mata kuliah yang berkaitan dengan SDM atau hal yang membuat anda ragu. Terima kasih

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


sex shop sex shop sex shop sex shop sex shop sex shop sex shop