Kuliah Umum, Ancaman Nyata Kejahatan Narkoba di Indonesia Bersama Kepala BNN RI Budi Waseso

InkamsLpm – Universitas Trunojoyo Madura adakan kuliah umum dengan mendatangkan Komisaris Jenderal Polisi Drs. Budi Waseso Kepala BNN RI di Gedung Pertemuan sebagai pemateri, senin (25/9).

Kuliah Umum yang dihadiri oleh ratusan mahasiswa dan beberapa tamu undangan ini membahas tentang ancaman kejahatan narkoba yang saat ini menjadi musuh nyata bagi bangsa Indonesia.

Komjen Budi Waseso menyatakan bahwa kondisi geografis yang dimiliki Indonesia menjadi “surga” bagi para sindikat peredaran narkoba, terutama melalui jalur selat malaka.

Fakta lain yang dikemukakan adalah Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) merupakan pusat kendali terbesar peredaran gelap narkoba di tanah air. BNN telah mengungkap 72 jaringan peredaran narkoba di Indonesia yang sebagian besar dikendalikan oleh narapidana dari dalam lapas.

Jaringan narkoba saat ini bersifat internasional dengan skala modal yang besar diantaranya Afrika Barat, Iran, Tiongkok, Pakistan, Malaysia dan Eropa sehingga sangat sulit untuk memberantas sindikat ini.

Peredaran narkoba di Indonesia diperkuat dengan adanya mental generasi muda Indonesia yang melemah akibat tantangan dan beban hidup yang kompleks sehingga mereka memilih jalan praktis untuk menghilangkan beban yang dirasakan. Hal ini juga didukung dengan anggapan bahwa menggunakan narkoba merupakan gaya hidup yang modern.

Upaya pencegahan yang dilakukan oleh BNN adalah mengoptimalisasikan peran serta instansi pemerintah, swasta, dan organisasi kemasyarakatan (agama, pemuda, profesi, wanita dll) untuk ikut serta dalam kampanye pasif anti narkoba, mengembangkan system pertahanan diri (imunitas) masyarakat secara intensif melalui upaya promotif dan pengembangan kecakapan hidup sejak dini. Mengembangkan sistem deteksi dini penyalahgunaan narkoba melalui penyuluhan-penyuluhan kesehatan.

Komjen Budi Waseso berpesan agar generasi muda dapat belajar dari sejarah kelam penyalahgunaan narkoba di negeri ini dan mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk bekerjasama dengan TNI dalam upaya pemberantasan narkoba di tanah air. #Si/h1/Ahm

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*